Sekretariat

Jln. Jatayu no. A1 Komp. Raja Wali, Halim Perdana Kusuma Telp. 021.8009728

JAKARTA

Senin, 25 Februari 2013

ZIARAH KE MAKAM OMPU NA GABE BATU

Posted by Unknown On 02.42

Situs ziarah ompu na gabe batu terletak di dekat Desa Pusuk II. Untuk menuju ke Tungkup ompu i, harus berjalan kaki masuk melalui Huta Sipang, itulah kampung mula-mula marga Mahulae. Masih ada tersisa beberapa pohon besar yang dulu mungkin digunakan sebagai benteng yang mengelilingi huta.




Jarak yang ditempuh untuk mencapai situs tersebut dengan berjalan kaki kira-kira sejauh satu kilometer dari jalan masuk di Huta Sipang. Jalan berbukit yang dilewati tidaklah sulit untuk dilalui karena jalan setapak ini sehari-harinya juga digunakan mereka yang tinggal di daerah itu untuk menuju ke sawah mereka. Walaupun di sepanjang jalan hanya ada sawah-sawah di kiri-kanan, namun pemandangan alam cukup menghibur bagi mereka yang merindukan suasana alam di pedesaan dengan udaranya yang bersih.









Setelah berjalan kaki melewati areal persawahan itu maka akan terlihat tungkup Ompu Na Gabe Bate. Sebuah rumah-rumah kecil terbuat dari kayu, beratap ijuk dan bermotif gorga. Di setiap sudutnya terdapat singa-singa. Namun sayang bangunan kecil ini tidak terlalu terawat. Kondisinya rusak dan banyak semak disekitarnya. Rumah-rumah ini berfungsi menjadi semacam pintu masuk bagi yang ingin ziarah mengunjungi Ompu Na Gabe Batu.




Tak jauh dari situ barulah terletak tempat peristirahatan Ompu Na Gabe Batu. Sebuah makam yang bentuknya persegi empat 2x3 meter dengan atap yang menutupinya. Bangunan makam ini dibangun tahun 1970-an.







Disinilah, prosesi ziarah dilakukan dengan berdoa. Bisa juga dengan menghidupkan rokok.
Setelah selesai ziarah, para peziarah bisa membersihkan dan menyegarkan diri dengan mandi di air terjun yang terdapat di belakang makam Ompu Na Gabe Batu. Konon, dulu tempat itu juga adalah tempat pemandian Ompu i semasa hidupnya.



Desember 2012




Situs Batu Penempah Golok ni Op. Na Gabe Batu

Satu lagi situs yang berhubungan dengan sejarah keberadaan Ompu Na Gabe Batu adalah sebuah batu tempat ia menempah sebuah golok menjadi senjatanya. Menurut cerita golok tersebut hanya bisa digunakan oleh Ompu Na Gabe Batu sendiri, tidak bisa digunakan oleh orang lain.

Situs ini terletak di Tinjoan, dekat Pakkat. Kalau dilihat sekilas nampaknya seperti batu biasa saja. Namun inilah batu yang menjadi salah satu bukti tingginya Hadatuon Ompu Na Gabe Batu. Golok ditempa sendiri menggunakan ilmu diatas sebuah batu, yang sampai sekarang bekas tempahan itu masih terlihat dengan sangat jelas.





(Gambar diambil oleh Bernard Mahulae)


















1 komentar:

  1. titanium athletics - TITIAN ASIAN
    In addition, TINYUS (Spartan) and TOMATO fram titanium oil filter (Spartan) titanium bolt are a titanium damascus knives part titanium water bottle of the team. This organization has a history of working as titanium apple watch band a member of

    BalasHapus

HUBUNGI KAMI

Contact Person Panitia:
1. Ir. Parsaoran. Mahulae (Ketua) / 081316418609
2. Peter Mahulae (Humas) / 081316494236

No. Rekening:
3242-01-015279-53-2
BRI Cab. Cengkareng Jakarta
a.n. Richard Nainggolan